0817-640-3452

Bang Tani Ampelgading - Pemalang 52364

Media informasi untuk mengenal dan mencari informasi dunia tani

Minggu, 05 Agustus 2018

Temukan Khasiat Kembang Krisan di Balik Keindahannya

Dibalik keindahanannya sebagai flora hias, tanaman krisan (Chrysanthemum sp) baik daun  maupun bunganya ternyata banyak dimanfaatkan sebagai bahan ramuan pengobatan tradisional. Herminia De Guzman Ladion seorang pakar kesehatan Filipina, memasukkan krisan sebagai salah satu jenis tanaman obat penyembuh ajaib. Khsaiat kembang krisan dalam dunia pengobatan misalnya untuk menyembuhkan sakit batuk, nyeri perut karena angin, dan peradangan rongga sinus ( sinusitis ).

Perebusan daun dan kembang krisan dalam dua gelas air selama lima belas menit mampu mengobati sakit batuk produktif (batuk berlendir) akibat kongesti dan bronchitis. Sedangkan perebusan akar krisan dapat digunakan untuk obat sakit kepala. Tunas dan bunganya dapat dimakan sebagai salad, dan daunnya dapat dimasak untuk minuman dalam acara-acara meriah. Selain itu krisan juga mampu menurunkan demam, menurunkan tekanan darah, memperbaiki penglihatan, member gizi pada darah, serta menurunkan panas dalam. Disamping itu rasanya nikmat dan menyejukkan tenggorokan.

Karena khasiat-khasiat tersebut, bunga krisan juga termasuk salah satu bahan ramuan yang penting pada pengobatan tradisional Cina. Selain digunakan sebagai flora hias, belum banyak orang yang tahu bahwa kembang krisan ternyata juga dapat dinikmati sebagai minuman seperti lazimnya orang menikmati seduhan the. Selain khasiatnya yang beragam tersebut, rasanya pun tak kalah nikmat dengan minuman the yang biasa kita minum.

Nikmatnya rasa teh kembang krisan tersebut kini dapat anda jumpai dalam minuman kemasan kotak yang di produksi merk kenamaan yang ada di Indonesia. Tanpa harus menyeduhnya terlebih dulu, anda dapat langsung menikmati setiap saat. Minuman kemasan teh kembang krisan merupakan produk teh krisan alami yang dibuat dari bahan-bahan pilihan dan tanpa pengawet. Diproses dengan menggunakan mesin-mesin khusus dibawah pengawasan tenaga-tenaga ahli sehingga menghasilkan produk yang bermutu tinggi. Kemurnian rasa dan khasiatnya juga terjaga, sehingga baik untuk seluruh keluarga.


Sumber : Majalah Intisari.agustus.2001

Tidak ada komentar:
Write Post a Comment

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it fandi_almizan
Join Our Newsletter