0817-640-3452

Bang Tani Ampelgading - Pemalang 52364

Media informasi untuk mengenal dan mencari informasi dunia tani

Rabu, 15 Agustus 2018

Mengenal Listrik Tenaga Surya


Populer dengan sebutan PLTS Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Sebuah sistem pembangkit listrik yang memanfaatkan energi surya sebagai sumbernya.


Pada dasarnya, sebuah Unit PLTS terdiri dari :
1.   Subsistem dasar yang meliputi komponen.
•    Modul Surya RSM 45. merupakan bahan semi konduktor yang berfungsi mengubah intensitas matahari menjadi listrik.
•    Baterai (accu) yang berfungsi sebagai penyimpan energi yang diperlukan pada malam hari atau saat intensitas matahari rendah.
•    Alat pengatur yang berfungsi memberikan pengaturan atau pengamanan dalam suatu Unit PLTS sehingga bekerja secara efisien dan handal.

2.   Unit Beban.
Ini merupakan suatu bagian akhir dari sebuah PLTS yang berfungsi untuk mengkonversikan Listrik yang dibangkitkan menjadi bentuk akhir seperti cahaya, tekanan mekanikal dan thermal. Listrik yang dihasilkan dari PLTS ini sebesar 130 watt jam per hari dan dapat digunakan untuk 2 lampu. Radio dan televisi.

Kelebihan PLTS
Sistimnya yang desentral mempunyai beberapa keuntungan : Tidak memerlukan jaringan distribusi, cocok untuk daerah pemukiman tersebar. Bersifat moduler, memenuhi kapasitas kecil sampai menengah. Tidak ada bagian yang bergerak hingga tak menimbulkan keausan. Tidak memerlukan bahan bakar, tidak menimbulkan polusi suara atau udara. Yang jelas, tidak membutuhkan operator dengan cara perawatan yang mudah dan sederhana.


Sumber : Majalah Krida. Her, Tri. Edisi 199.

Tidak ada komentar:
Write Post a Comment

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it fandi_almizan
Join Our Newsletter