0817-640-3452

Bang Tani Ampelgading - Pemalang 52364

Media informasi untuk mengenal dan mencari informasi dunia tani

Senin, 20 Agustus 2018

Luka Bakar, Jangan Gunakan Pasta Gigi untuk Obat, Gunakan Cara Ini


Jika anda mengolesi luka bakar menggunakan pas gigi maka luka tersebut bisa langsung bersentuhan dengan kuman yang bisa saja terdapat pada pasta gigi. Biasanya luka bakar sering terjadi karena ketidaksengajaan menyentuh benda yang memiliki suhu cukup panas seperti kenalpot motor maupun tersiram air mendidih. Walaupun biasanya memiliki tinggkatan luka yang bisa dikatakan ringan, akan tetapi untuk mengatasi masalah luka bakar tentunya juga memerlukan penanganan yang tepat. Sedang pas gigi mengandung zat pemutih pewarna zat-zat lain yang justru dapat membahayakan dan menimbulkan infeksi baru pada luka bakar tersebut.

Selain itu juga mengoles luka bakar dengan menggunakan pasta gigi juga dapat menghambat cairan yang akan keluar dari dalam tubuh yang terkena luka bakar. Nah dari pada kita mengambil resiko dengan menggunakan bahan yang belum teruji kebenarannya lebih baik kita mengatasi luka bakar dengan berbagai cara yang ada disekitar kita. Mari kita simak bersama-sama.

Gunakan Lidah Buaya
Jika kita atau tetangga anda memiliki tanaman lidah buaya maka anda bisa menggunakannya untuk mengatasi luka bakar. Caranya dengan mengambil gel yang ada di dalamnya sebagai salep dengan terlebih dahulu mencuci lidah buaya hingga bersih. Gel lidah buaya ini akan membantu mendinginkan rasa panas di kulit dan juga sekaligus menurunkan rasa sakit. Hal tersebut dikarenakan kandungan saponin flavonoid tanin dan juga plifenol. Gel lidah buaya juga dapat memberikan manfaat berupa antiseptik untuk mencegah infeksi, pembersih lukan dan sekaligus mengobati luka.

Kunyit dan Air Kelapa
Selain lidah buaya kita juga dapat menggunakan ramuan yang terbuat dari kunyit dan juga kelapa. Keduanya akan mendinginkan kulit dan juga dapat mencegah timbulnya bekas pada luka bakar. Caranya ambil satu sendok bubuk kunyit dan masukkan ke dalam air kelapa secukupnya. Tambahkan air kapur sirih lalu terapkan pada luka bakar dengan cara mengoleskannya. Tinggal diulangi hingga sembuh.

Dinginkan Kulit yang Mengalami Luka Bakar Menggunakan Air Mengalir

Saat bagian tubuh kita yang terkena luka bakar siram selurh permukaan kulit yang terbakar itu menggunakan air kran selama 10-20 menit. Bila tidak ada air kran bisa juga menggunakan gayung yang disiram secara bertahap. Hindari menggunakan es batu agar tidak memperdalam luka bakar akibat perubahan suhu yang ekstrim sebagai efek dari es batu tersebut.


Sumber : http://vevnews.blogspot.co.id/2015/10/jangan-gunakan-pasta-gigi-untuk.html

Tidak ada komentar:
Write Post a Comment

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it fandi_almizan
Join Our Newsletter