0817-640-3452

Bang Tani Ampelgading - Pemalang 52364

Media informasi untuk mengenal dan mencari informasi dunia tani

Selasa, 13 Maret 2018

Lycopnene Dalam Saus Tomat Membuat Anda Sehat

Memiliki jantung sehat adalah dambaan setiap orang karena jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital. Menurut data statistic American Heart Association penyakit serangan jantung koroner menduduki peringkat pertama penyebab kematian di Amerika. Sedangkan di Indonesia jantung koroner masuk dalam tiga kelompok besar penyebab kematian. Banyak orang yang tidak mengetahui gejala-gejala serangan jantung, seperti : tekanan darah tidak teratur, rasa sakit yang menyebar di daerah pundah, leher, tangan, rasa tidak enak di dada disertai rasa pusing yang ringan, berkeringat, pucat, dan nafas pendek.

Low Density Lipoprotein (LDL)
LDL adalah suatu dari beberapa kolesterol atau kadar lemak didalam tubuh kita. LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat karena mempunyai sifat mengental di dalam tubuh pembuluh darah, yang akan menimbulkan penghambatan aliran darah ke jantung, dan berakibat terjadinya serangan jantung koroner yang mendadak.

Pola Makan
Sekitar 75% dari seluruh kasus penyakit jantung adalah jantung koroner. Mereka yang umumnya terkena serangan jantung adalah perokok, alkoholik, tekanan darah tinggi & koleterol tinggi, obesitas/kegemukan, diabetes, kurang olahraga, dan keturunan. Salah satu pencegahannya adalah olahraga teratur dan menjaga pola makan seimbang dengan mengurangi makan berlemak, mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Banyak ahli nutrisi yang merekomendasikan tomat dan produk olahan tomat sebagai menu makanan sehat karena tomat dan produk-produk olahan tomat seperti jus, pasta dan saut tomat adalah sumber utama kandungan lycopene yang diperlukan oleh tubuh manusia untuk membantu mengurangi resiko serangan jantung koroner.

Lycopene & Penyakit Jantung
Dr. Michael Aviram, the head of the lipid research laboratory at the Technian Institute of Tecnology and Rabam Medical Center in Haifa, Israel, melakukan penelitian terhadapat sekelompok orang sehat yang mendapat 60mg lycopene selama 3 bulan. Hasilnya adalah terjadi 14% pengurangan kepadatan plasma kolesterol LDL di dalam pembuluh darah.

Riset lain dilakukan oleh Dr. A.Venket Rao, Professor Department of Nutritional Sciences, Faculty of Medicine, University of Toronto, yaitu dengan penerapan pola makan yang mengandung lycopene seperti jus tomat, spaghetti dengan saus tomat dan ekstrak lycopene dari buah tomat kepada 19 orang sehat selama seminggu. Dari hasil pemeriksaan darah terbukti bahwa terjadi pengurangan kolesterol LDL. Dr. Rao juga menemukan bahwa lycopene pada tomat sungguh diproses, seperti saut tomat, diserap tubuh 2.5 kali lebih efisien disbanding buah tomat.

Saus Tomat
Tomat olahan yang sudah jadi dapat menjadi alternative makanan sehat agar anda terhindar dari penyakit jantung koroner dan penyakit degenerative lainnya. Jadi untuk Anda yang ingin tetap sehat, perbanyaklah makan buat tomat dan produk olahannya.

Sumber : Majalah Intisari.agustus.2001

Tidak ada komentar:
Write Post a Comment

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it fandi_almizan
Join Our Newsletter