0817-640-3452

Bang Tani Ampelgading - Pemalang 52364

Media informasi untuk mengenal dan mencari informasi dunia tani

Jumat, 09 Februari 2018

Persilangan Tanaman

Jika anda sebagai penggemar tanaman-tanaman ingin dapat menciptakan tanaman jenis baru dengan melalui persilangan. Maka tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu caranya, berikut saya uraikan cara persilangan tanaman.


Baca Juga : Cara Menyimpan Bawang Merah

1.    Cara Menyilangkan Tanaman
Sebenarnya menyilangkan tanaman atau mengawinkan tanaman adalah suatu aktifitas untuk memindahkan tepung sari dari kotak sari ke kepala putik baik didalam satu bunga maupun pada bunga lain. Namun sebelum anda menyilangkan tanaman dengan memindahkan tepung sari ke kepala putik, ada beberapa hal yang harus anda ketahui, antara lain :

a.    Macam bunga, ditinjau dari posisi sel kelamin jantan dan sel kelamin betinanya, yang bisa dibedakan menjadi :
Bunga sempurna (hermaprodit), bila didalam satu bunga terdapat sel kelamin jantan (tepung sari) dan sel kelamin betina (putik), misalnya bunga padi, kedelai dan beberapa bungan lain.

Bunga jantan atau bunga betina yang bisa didalam satu bunga hanya terdapat satu macam sel kelamin saja. Misalnya : bunga jantan pada bunga jagung yang berada pada ujung bunga jagung yang berada diketiak daun (tongkol).

Ada juga tanaman yang hanya mempunyai bunga jantan saja atau bunga betina saja, misalnya pada tanaman salak atau mlinjo.

b.    Waktu masaknya bunga jantan dan bunga betina, dikenal istilah-istilah :
Protogeny, bila sel kelamin betina masak lebih dulu dari pada sel kelamin jantan.
Protandry, bila sel kelaim jantan masak lebih dulu dari pada sel kelamin betina.
Kedua organ (sel kelamin jantan & betina) masak bersamaan.

c.    Sebelum mengadakan persilangan terlebih dulu dilakukan kastrasi (mengebiri) sel jantan.
Adapun caranya ada beberapa macam. Salah satunya diantaranya sbb.
Mengambil satu persatu anther yang belum masak dengan menggunakan ala pinset (Jepitan kecil).

2.    Syarat-syarat Menyilangkan Tanaman
Waktu menyilangkan tanaman perlu diperhatikan. Waktu yang baik untuk menyilangkan tanaman adalah bila tanaman sedang berbunga lebat.

Suhu yang baik untuk menyilangkan tanaman tidak lebih tinggi dari 20°C - 25°C. Sebab kepala putik dapat lekas mengering pada suhu yang lebih tinggi.

Beberapa jam sebelum mulai melakukan penyerbukan silang, harus tersedia benang sari dari pohon induk jantan dalam jumlah besar. Dan benang sari yang dikumpulkan harus masak, keadaanya masih segar.
Penyilangan dapat dilakukan dengan baik pada saat kepala putik mulai mengeluarkan lendir dan  kepala putiknya segar, warnanya putih bersih dan mengkilap.

Bilamana tersedia banyak serbuk sari, maka dapatlah serbuk sari itu diulaskan pada permukaan kepala putik dengan kuas/bulu ayam.

Penyilangan hendaknya dilakukan dengan trampil, tekun bekerja dan terlatih. Kegagalan sering disebabkan karena kurang trampilnya melakukan penyilangan.

3.    Untuk mengetahui apakah tanaman tersebut masih satu familiy, anda lihat sifat-sifatnya. Biasanya, kalau tanaman tersebut masih satu family, mempunyai sifat-sifat yang sama.

4.    Mengenai hormon yang bisa merangsang keberhasilan persilangan, silahkan anda menghubungi kios atau toko-toko pertanian yang menyediakan obat-obatan.


Sumber : Majalah Krida. Edisi 151

Tidak ada komentar:
Write Post a Comment

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it fandi_almizan
Join Our Newsletter