0817-640-3452

Bang Tani Ampelgading - Pemalang 52364

Media informasi untuk mengenal dan mencari informasi dunia tani

Selasa, 26 September 2017

Tanaman Bonsai

Pada prinsipnya semua jenis tanaman dapat dibuat bonsai, terkecuali tanaman Jeruk maupun Flamboyan, memang lebik baik bila dijadikan bonsai adalah tanaman tahunan, bukan tanaman semusim. Misalnya : pohon asam, pohon beringin, Jambu Biji, Sawo dan lain-lain.

Dengan memotong akar utama untuk dijadikan bonsai kurang sesuai dengan persyaratan perkerdilan. Adapun perkerdilan dilakukan dengan menghambat pertumbuhan akar utama, akan tetapi bila akar utama dipotong kurang memenuh etika bonsai, karena yang tumbuh tinggal akar cabang bonsai yang baik adalah bonsai yang memiliki akar utama, dengan cara hanya memotong akar-akar cabang.

Adapun maksud mengikat dengan  kawat agar bibit bonsai yang baru kita tanam itu tidak goyah, yaitu pangkal pohonnya kita ikat dengan kawat tembaga pada sepotong bambu yang ada dibawah pot, melalui lubang pot. Kelak apabila pohon-pohon itu tumbuh dengan baik dan tidak roboh, kawat pengikatnya bisa dilepas.

Bonsai sendiri berasal dari kata, bon : jambangan, sai : pohon, bonsai berarti pohon yang ditanam dijambangan. Bonsai mempunyai pengertian pohon kerdil didalam pot sebagai hasil pengerdilan dan training (proses penyempurnaan bentuk pohon) yang pada umumnya memerlukan waktu bertahun-tahun. Tidak setiap pohon yang kerdil didalam pot dapat dinamakan bonsai, hanya jika diusahakan penyempurnaannya terutama bentuknya, maka ia dapat disebut bonsai, karena untuk disebut bonsai, pohon yang bersangkutan harus memenuhi 3 syarat :

1.    Bentuk ; Wajar, sesuai dengan bentuk-bentuk jenis tanaman yang bersangkutan yang tumbuh di alam bebas, serta ada keseimbangan, terutama dalam pertumbuhan dahan-dahannya.

2.    Ukuran ; Kecil atau relatif kecil (kerdil) disebut relatif kecil karena ada juga bonsai yang terbuat dari jenis tanaman tertentu berukuran cukup besar yaitu ± 1½ m. Akan tetapi mengingat bahwa saudara-saudaranya sejenis yang tumbuh dialam bebas, pada umumnya mencapai tinggi sekita 20 m, maka yang berukuran ± 1½  ini tergolong kerdil juga.

3.    Umur ; Tua, biasanya berumur belasan tahun, puluhan, bahkan ratusan tahun.

Kalau kita kembali melihat 3 syarat diatas, mestinya pengertiannya tidak bisa, karena ditanam diluar pot (tanah biasa) berarti pertumbuhan tanaman khususnya akar tidak dapat dibatasi. Meskipun bonsai dapat diusahakan bahan dengan pot saja,misalnya batu karang.

Jadi tempat yang biasa untuk menanam bonsai adalah, Bata yang permukaannya bercelah-celah (berpori-pori), dan Terakhir adalah pot yang dangkal.


Sumber : Majalah Krida 160

Tidak ada komentar:
Write Post a Comment

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it fandi_almizan
Join Our Newsletter