0817-640-3452

Bang Tani Ampelgading - Pemalang 52364

Media informasi untuk mengenal dan mencari informasi dunia tani

Selasa, 22 Agustus 2017

Pemeliharaan Tanaman Lada

Salah satu syarat pertumbuhan tanaman lada adalah daerah yang memiliki ketinggian di bawah 600 m diatas permukaan laut. Bila di daerah tempat tinggal kita dibawah 600 m di atas permukaan berarti memenuhi syarat untuk pertumbuhan lada.

Pemeliharaan yang perlu dilakukan diantaranya sebagai berikut :
1.    Menjaga Kondisi Lahan :
-    Langkah pertama mengatur drainase, sehingga tidak ada air yang tergenang di kebun.
-    Menggemburkan tanah dalam musim kemarau setelah panen selesai.

2.    Pemeliharaan Tanaman
Tanaman lada tidak bisa aktif memanjat tanpa bantuan tiang panjat. Bantuan yang dilakukan harus pada saat yang tepat dan hati-hati. Adapun caranya sebagai berikut :
Pada umur kurang lebih 1 bulan tunas-tunas baru yang sudah mulai tumbuh dan belum membentuk akar.

Pada saat inilah tanaman perlu diberi tiang panjat dan tunas-tunas baru tersebut mulai dililitkan pada tiang panjat, kamudian diikat dengan hati-hati, jangan terlalu erat, karena dapat merusak batang. Setiap ruas memerlukan ikatan supaya akar pelekatnya segera berfungsi. Pengikatan berlangsung sampai batang mencapai tinggi 1,5 m.

3.    Pemupukan
Sebagai pupuk dasar diberikan pupuk kandang sebanyak 5 – 10 kg tiap lubang tanam. Pemupukan berikutnya diberikan pada saat tanaman berumur 8 – 12 bulan dengan pupuk : urea 50 gr/pohon, TSP 25 gr/pohon, KC1 25 gr/pohon.

Pemupukan ke II dilakukan pada saat pembentukan bunga dan selesai panen dengan pupuk urea 600 gr/pohon, TSP 600 gr/pohon, KC1 600 gr/pohon.

Adapun cara pemberian pupuk dilakukan dengan membuat selokan kecil melingkar dengan jarak lebih kurang 30 cm dari batang, kemudian pupuk di sebar melingkar.

Sumber : Majalah Krida. Edisi 195. Hal 74

Tidak ada komentar:
Write Post a Comment

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it fandi_almizan
Join Our Newsletter