0817-640-3452

Bang Tani Ampelgading - Pemalang 52364

Media informasi untuk mengenal dan mencari informasi dunia tani

Jumat, 04 Agustus 2017

Pemeliharaan Tanaman Jeruk

Cara pemeliharaan tanaman jeruk diantaranya pemupukan dan pemangkasan, untuk memahamai pemeliharaan tanaman jeruk dalam pembagaian tersebut. Mari kita simak bersama-sama :
Pemupukan
Pupuk yang diberikan untuk tanaman jeruk yaitu pupuk kandang, urea, TSP, KC1 dan cara pemberiannya adalah dengan menyebarkan pupuk disekeliling tajuk dan dibenamkan. Untuk dosis pupuk dapat dilihat dalam tabel dibawah ini :
Pemangkasan
Pemangkasan tanaman jeruk ada 2 periode :
  1. Pada tanaman muda pemangkasan bertujuan untuk membentuk pohon yang seimbang.
  2. Pemangkasan pada tanaman dewasa. Pemangkasan dianjurkan terutama pada cabang-cabang atau ranting-ranting yang mati, terkena penyakit dan cabang yang tumbuh tidak teratur.
Pengendalian Hama dan Penyakit
Pengendalian hama dan penyakit dilakukan secara intensif serta seawal mungkin. Pengendalian yang utama adalah dengan perawatan tanaman yang baik, meliputi pengaturan drainase, pengolahan tanah dan pemupukan yang benar dan tepat. Dengan demikian diharapkan tanaman mempunyai daya tahan yang kuat terhadap serangan hama dan penyakit.

Untuk buah jeruk yang kaku, kemungkinan varietas jeruk yang ditanam tidak sesuai dengan daerah. Demikian juga untuk hama dan penyakit yang menyerang daun, bisa dilakukan dengan pemangkasan daun yang kering.


Sumber : Majalah Krida. Edisi 191. Hal 74

Tidak ada komentar:
Write Post a Comment

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it fandi_almizan
Join Our Newsletter