0817-640-3452

Bang Tani Ampelgading - Pemalang 52364

Media informasi untuk mengenal dan mencari informasi dunia tani

Jumat, 04 Agustus 2017

Beternak Itik Secara Terkurung

Beternak itik dilahan kering atau secara terkurung, berdasarkan hasil penelitian dari para peneliti telah terbukti bahwa produksi optimal yang dihasilkan seekor itik cukup tinggi yaitu 203 butir per tahun. Sedangkan itik yang dipelihara secara tradisional atau digembala di sawah hanya menghasilkan 124 butir per tahun.

Itik yang dipelihara dikandang tidak perlu di buatkan kolam, hanya untuk memberi kenyamana pada itik, menyerap percikan air dan mencegah telur supaya tidak rusak atau pecah, perlu ditaburkan sekam setebal 10 cm pada alas kandang. Selain itu agar percikan air tidak membasahi kandang, alas kandang di buat miring dan tempatkan air minum pada bagian yang terendah.

Contoh untuk membuat ransum pakan itik per 100 kg sebagai berikut :

-    75 kg dedak padi
-    5 kg tepung daun
-    7 kg  tepung kedelai
-    3 kg tepung ikan
-    10 kg kalsium karbonat

Selain bahan tersebut diatas perlu ditambahkan dengan santoqium/premix/NaC1 sebanyak 0,75 kg dan methionin sebanyak 0,6 kg.

Pemberian pakan untuk 100 ekor itik sebanyak 6 kg per hari untuk itik berumur 1 – 2 minggu, itik umur 3 – 4 minggu sebanyak 8 kg per hari, itik umur 5 – 9 minggu sebanyak 10 kg per hari dan itik yang berumur lebih 10 minggu sebanyak 15 – 18 kg per hari.

Sedangkan pemberian pakan sebanyak 2 – 3 kali sehari. Pakan dapat diberikan dalam bentuk kering atau basah. Pelepasan itik bisa langsung, hanya harus dipelihara dikandang yang khusus untuk anak itik.

Sumber : Majalah Krida. Edisi 197. Hal 66

Tidak ada komentar:
Write Post a Comment

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it fandi_almizan
Join Our Newsletter