0817-640-3452

Bang Tani Ampelgading - Pemalang 52364

Media informasi untuk mengenal dan mencari informasi dunia tani

Senin, 07 Agustus 2017

Bertanam Kopi

Daerah yang tandus dan kering berbatu-batu, suhunya panas dengan daerah pegunungan. Mungkin jika gambaran daerah anda seperti itu dan anda selalu gagal dalam mencoba bertanam kopi.
Pengolahan tanah yang baik.
Maksud pengolahan tanah itu untuk pembibitan atau untuk menanam bibit dikebun tetap.
1.    Pengolahan Tanah Untuk Pembibitan
Pembibitan ini ada 2 cara : yaitu dengan kantong plastik (Polybag) dan Bedengan.
Untuk pembibitan dengan kantong plastik (Polybag) diperlukan :
Kantong plastik dengan ukuran 30 x 40 cm, yang diberi lubang dengan diameter 3 mm, sebanyak ± 30 lubang; campuran tanah dan pupuk kandan.

Yang kemudian dimasukkan kedalam kantong plastik setinggi 1,5 sampai 2 cm dari atas kantong plastik ;
Biji kopi yang sudah diseleksi yang kemudian ditanam dala kantong plastik tersebut sedala 0,5 cm dan selanjutnya letakkan kantong plastk tersebut ditempat yang teduh.

Pembibitan dengan Bedengan tanah :
Tanah diolah sedalam ± 60 cm dan dibuat bedengan dengan lebar ± 120 cm dan panjang sesuai dengan kebutuhan :
Lapisan atas bedengan diberi pasir ± 5 cmd an disekeliling bedengan diberi papan atauu bambu untuk menahan agar bedengan tidak turun.
Bedengan disiram air secukupnya, kemudian benih ditanam dengann posisi telungkup sedalam 0,5 cm dengan jarak 2,5 x 2,5 cm, selanjutnya pesemaian ditutup dengan lapisan jerami atau alang-alang.

2.    Pengolahan Tanah Untuk Penanaman Bibit dikebun Tetap
Untuk penanaman bibit dikebun tetap, cukup disiapkan lubang tanah yang dibuat 3 – 6 bulan sebelum penanaman. Ukuran lubang tanah 0,60 x 0,60 m. Pada waktu membuat lubang tanam, tanah lapisan atas dan bawah dipisahkan. Dua sampai empat minggu sebelum penanaman lubang ditutup. Sebaiknya hanya tanah lapisan atas saja yang ditutup, karena tanah lapisan atas ini umumnya masih mengandung humus yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Sedangkan tanah lapisan bawah dicampur dengan pupuk kandang agar struktur tanahnya baik.

Dua Jenis Kopi Beserta Persyaratan Tumbuhnya.
-    Kopi Arabica
Untuk ketinggian tempat antara 800-2000 m diatas permukaan laut, curah hujan antara 2000-3000 mm, temperatur rata-rata 21-24ºC, struktur tanah baik dan gembur, derajat keasaman tanah (pH) 5,5-6,5, tata udara dan air tanah baik.

-    Kopi Robusta
Untuk ketinggian tempat antara 400 – 1000 m  diatas permukaan laut, curah hujan antara 2000-3000 mm, temperatur rata-rata 17-21ºC, tata udara dan air tanah baik, pH 5,5-6,5, struktur tanah baik dan gembur.

Memilih Bibit yang Baik
Bibit yang baik adalah ; sehat, pertumbuhan normal (tidak kerdil), akar tunggang lurus. Penanaman dilakukan pada awal atau dalam musim penghujan (Nopember/Desember). Kemudian penanamannya, sebaiknya lakukan pembibitan dulu sebelum ditanam dikebun tetap.


Sumber : Majalah Krida. Edisi 168

Tidak ada komentar:
Write Post a Comment

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it fandi_almizan
Join Our Newsletter