0817-640-3452

Bang Tani Ampelgading - Pemalang 52364

Media informasi untuk mengenal dan mencari informasi dunia tani

Rabu, 26 Juli 2017

Cara Menanam Mlinjo Yang Baik

Penanaman sebelum bibit mlinjo ditanam, perlu disiapkan terlebih dahulu lubang tanam dengan ukuran 0,5 x 0,5 x 0,5 m. Tanah galian diletakkan disamping lubang. Tanah bagian bawah dipisahkan dengan tanah bagian atas. Sebelum tanah galian dimasukkan kembali kelubang tanah, perlu dicampur dengan pupuk kandang atau kompos. 

Sebulan sebelum tanam, tanah galian dimasukkan kembali, usahakan penanaman dilakukan pada awal musim hujan.

Pemeliharaan
Pemeliharaan tanaman ini terdiri dari :
1.    Pemupukan
Sebenarnya tanaman ini menuntut kesuburan tanah yang istimewa, namun pemberian pupuk secara rutin akan menambah produksi. Pada tanaman baru perlu diberikan pupuk kandang atau kompos. Pemupukan ini dapat dilakukan 2 kali setahun. 

Caranya dengan menggali lubang sekitar batang. Selin pupuk kandang atau kompos bisa juga diberikan pupuk buatan. Sedangkan pupuk yang digunakan NPK atau campuran antara TSP, Urea, dan KCL. Pemupukan dapat diberikan dimusim hujan. Cara pemberian pupuk dengan menggali lubang melingkar disekitar batang.

2.    Pemberantasan Hama dan Penyakit
Hama yang biasa menyerang tanaman mlinjo biasanya tupai. Tapi serangan hama ini tidak berbahaya, karena binatang ini hanya makan kulit luar yang merah.

3.    Pemangkasan
Pemangkasan memang jarang dilakukan oleh petani. Namun pemangkasan ini banyak sekali manfaatnya.
Dengan pemangkasan dan pembentukan cabang, diharapkan tanaman mlinjo tidak terlalu tinggi, sehingga memudahkan pemungutan hasil. Selain itu pengontrolan terhadap serangan hama dan penyakit lebih mudah.

Sumber : Majalah Krida. Edisi 189. Hal 72

Tidak ada komentar:
Write Post a Comment

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it fandi_almizan
Join Our Newsletter